Penyelenggaraan pendidikan bagi anak berkerdasan tinggi dan bakat istimewa

Beberapa model program pendidikan bagi anak anak berkecerdasan tinggi dan bakat istimewa dapat dikelompokkan ke dalam model: 1) akselerasi(acceleration); bisa dilakukan dalam berbagai bentuk, mulai dari memasuki SD pada usia dini, loncat kelas, atau mengikuti bidang studi tertentu di kelas yang lebih tinggi, 2) Model pengayaan (enrichment) yaitu dengan memberikan tugas-tugas tambahan bagi peserta didik yang memiliki kemampuan unggul, 3) kelas khusus atau Ability Grouping, pengelompokkan berdasarkan kemampuan atau kelas khusus, 4) Bimbingan dan konseling; menekankan pentingnya peranan guru sebagai konselor bagi peserta didik berkemampuan unggul.
Taylor (1964) mengemukakan cara untuk mengembangkan kreatifitas adalah sebagai berikut:

    1. menilai, menghargai berfikir kreatif
    2. membantu anak menjadi lebih peka terhadap rangsangan dari lingkungan
    3. memberanikan anak untuk memanipulasi benda-benda (obyek) dan ide-ide
    4. mengajar bagaimana menguji setiap gagasan secara sistematis
    5. mengembangkan rasa toleransi terhadap gagasan baru
    6. berhati-hati dalam ”memaksakan” suatu pola atau contoh tertentu
    7. mengembangkan suatu iklim kelas tang kreatif
    8. mengajar anak untuk menilai berfikir kreatifnya
    9. mengajar keterampilan anak untuk menghindari atau menguasai sanksi-sanksi teman sebaya tanpa mengorbankan kreativitas mereka
    10. memberikan informasi tentang proses kreativitas
    11. menghalau perasaan kagum terhadap karya-karya besar
    12. memberikan dan menilai kegiatan belajar berdasarkan inisiatif sendiri
    13. menciptakan ’duri dalam daging’, membuat anak-anak menyadari adanya masalah dan kekurangan
    14. menciptakan kondisi yang diperlukan untuk berfikir kreatif
    15. menyediakan waktu untuk suatu keaktifan dan ketenangan
    16. menyediakan sumber untuk menyusun gagasan-gagasan
    17. mendorong kebiasaan untuk menyusun implikasi ide-ide
    18. mengembangkan keterampilan untuk memberikan kritik yang membangun
    19. mendorong kemahiran pengetahuan berbagai lapangan
    20. menjadi guru yang hangat dan bersemangat

Comments

Popular Posts