MEMBUAT POT BUNGA INDOOR YANG PRAKTIS DAN GRATIS


Akhir-akhir ini isu global warming, sangat membooming. Kita sebagai masyarakat Indonesia juga harus menyikapinya dengan kreatif agar lingkungan Indonesia yang memiliki potensi hijau dibandingkan negara lain dapat terus terurus oleh penghuninya yang notabene telah berpindah profesi dari mayoritas agraria menjadi pedagang, pabrikan dan pegawai sipil.
Salah satu tips untuk menghijaukan lingkungan adalah dengan cara menanam tanaman apa saja yang dapat ditaruh di pot, atau langsung di tanah. Tetapi persoalan di daerah perkotaan adalah tanah yang terbatas karena biasanya telah tertutup oleh paving atau aspal. Maka bagi anda yang ingin menanam tanaman, tetapi tidak memiliki tanah, maka dapat menggunakan pot bunga. Atau bagi anda yang ingin meletakkan tanaman segar di dalam ruangan agar ruangan menjadi segar dapat menggunakan pot bunga khusus indoor.
Apabila keuangan anda terbatas, anda dapat memanfaatkan botol aqua yang bisa anda ambil di tempat sampah dan dibersihkan, sisa minum anda atau meminta pada tetangga dan tukang rombeng. Berikut akan dipaparkan cara membuat pot bunga dari bahan plastik aqua bekas untuk pot bunga indoor.
Salah satu syarat pot bunga indoor (di dalam ruangan) adalah ada tampungan di bawahnya untuk menampung air yang disiramkan pada tanaman agar air tidak membuat becek lantai rumah anda, maka caranya adalah:
a. Sediakan botol aqua bekas


b.  Potong botol aqua bekas menjadi 2 bagian


c.  B agian yang ada tutup botolnya, di renggangkan dengan mulut botol sebagai tempat     sirkulasi air.


2   d.    Letakkan bagian botol aqua yang sebagiannya lagi di bawah potongan botol aqua    yang lain. Seperti ini.

Jadi air yang keluar tidak akan mengotori lantai rumah anda.

    e.    Pada bagian paling atas, di atas tanah, letakkan kerikil berwarna warni, yang biasanya dapat dibeli dari penjual ikan hias di pasar, untuk mempermanis pot bunga anda.


Oke, pot indoor praktis, manis, gratis dapat segera dipergunakan di ruang imut anda.   SELAMAT MENCOBA….


Tips:
·         tanaman yang paling mudah untuk ditanam adalah cocor bebek, bunganya juga indah. Letakkan di ruangan anda yang terang, karena tanaman cocor bebek akan berbunga jika ada paparan sinar matahari. Coba juga tanaman merambat, seperti singkong dan sente. Tanaman-tanaman itu merambat, jadi sediakan tempat rambatan misalnya tancapkan bambu di atas tanah pada pot tersebut supaya tanaman dapat merambat indah.
·         Semakin besar ukuran botol aqua yang dipergunakan, akan semakin subur tanaman anda.
·         Untuk bahan desinfektan atau air untuk menyiram bunga, dapat menggunakan kembali (re-use) alat penyemprot pelembut pakaian yang sudah tidak digunakan lagi.








Comments

Popular Posts