RE USE


Akhir-akhir ini kita sering mendengar tentang re-cycle. Re-cycle berasal dari 2 suku kata yaitu re dan cycle. Re artinya kembali dan cycle artinya perputaran. Secara keseluruhan dapat diartikan sebagai kembali berputar (didaur ulang). Banyak bahan yang dapat di daur ulang misalnya besi tua di daur ulang dengan pemansan tinggi menjadi besi baru yang dapat dimanfaatkan, plastik bekas aqua dapat didaur ulang menjadi bahan tekstil atau sofa.
Daur ulang kini dapat kita lakukan di rumah dalam skala yang lebih kecil yaitu yang terkenal dengan istilah re-use artinya menggunakan kembali barang yang terlihat tidak terpakai. Berikut saya berikan contoh sederhana re- use yang dapat anda lakukan di rumah dengan benda-benda yang anda miliki. Maka jangan langsung berfikir untuk membeli barang yang anda butuhkan, tetapi pikir dahulu benda apa yang dapat anda manfaatkan untuk kebutuhan yang perlu anda realisasikan. Hal ini dapat mengurangi tingkat pengeluaran anda, sehingga uang anda dapat dikelola untuk hal lain contohnya menabung. Manfaat lainnya adalah rumah anda jadi terminimalisir dari benda-benda yang tak terpakai.

*      Dandang bocor menjadi tempat sampah
Hal ini telah saya praktekkan di rumah, saat tetangga lainnya membeli bak sampah, tong sampah atau tempat sampah plastik, maka saya memanfaatkan dandang bocor untuk dimanfaatkan untuk bak sampah. Mungkin anda akan berfikir foto yang ada di bawah ini terlihat jelek. Ya, saya rasa memang benar. Kemampuan berkreasi tiap orang berbeda-beda. Mungkin anda dapat lebih mengkreasikannya dengan cat-cat sisa yang  tidak terpakai, atau anda membiarkan warna asli dandangnya agar terlihat eksotik. What ever is up to you.

*      Kotak makan bekas wadah kue atau sepatu menjadi kotak kado

*      Kartu hape menjadi gantungan kunci atau aksesoris tas anda

*      Kaleng biskuit menjadi pot bunga


                                      Rudi Amin Eben at idea garden edisi 17 November 2008

*
     Pot bunga dari bekas wadah aqua 

*     


Baju kekecilan misalkan sudah tidak dapat dikancingkan, tetapi masih bagus, maka dapat diberi dalaman kaos warna senada yang dipadukan dengan baju yang kekecilan tersebut. Seperti pakaian yang saya gunakan ini. Hehe… : D

*      Potongan baju untuk baju Barbie dan dompet

*      Sepatu bekas untuk pot bunga






    Lokasi: Alamo Square, San Fransisco, USA. Photography by Kevin Kranzy at www.youtube.com

   Demikianlah sedikit curahan ide dari saya. Mungkin kemampuan anda lebih bagus dalam berkreasi dibandingkan dengan saya. Selamat berinspirasi… Semangat inspirasi kesederhanaan.


Sumber:
www.youtube.com, videos by Kevin Kranzky
Rudi Amin Eben at idea garden edisi 17 November 2008








Comments

Popular Posts