Merancang Model Penilaian Aspek Proses di Kelas 6 SD
Sebagai guru SD, tentu saja guru harus merancang penilaian aspek proses. Berikut contoh aspek penilaian proses yang telah saya rancang:
v Menilai produk, aspeknya antara lain:
Ø Laporan Hasil Percobaan
Ø Hasil karya
Ø Portofolio
Ø Menata Pameran
Proses
Penilaian Aspek Laporan Hasil Percobaan
1.
Tujuan penilaian adalah agar siswa mampu membuat
percobaan yaitu bel listrik dengan baik
2.
Kompetensi yang diujikan:
Standar Kompetensi:
8. Memahami pentingnya penghematan listrik
Kompetensi Dasar: 8.2 membuat suatu karya/model yang
menggunakan energi listrik (bel listrik/ alarm/model lampu lalu lintas/ kapal
terbang/ mobil-mobilan/ model penerangan rumah)
3. Aspek yang diukur (dinilai) antara lain:
1) Kesesuaian memilih alat dan bahan
2) Keterampilan menggunakan alat dan bahan
3) Sistematika laporan
4) Keberhasilan percobaan yang dilakukan
4. A.
PENILAIAN LAPORAN HASIL PERCOBAAN (PEMBUATAN BEL LISTRIK)
Aspek
yang
dinilai
Kelompok
|
Kesesuaian
memilih alat
dan bahan
|
Keterampilan
menggunakan
alat dan bahan
|
Sistematika laporan
|
Keberhasilan
percobaan yang
dilakukan
|
Skor
|
Nilai akhir
|
||||||||||||
4
|
3
|
2
|
1
|
4
|
3
|
2
|
1
|
4
|
3
|
2
|
1
|
4
|
3
|
2
|
1
|
|||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5.
Pedoman/ kriteria penskoran:
1) Kesesuaian memilih alat dan bahan
4 = Jika alat dan bahan yang
digunakan siswa sesuai dengan percobaan yang dilakukan
3 = Jika alat yang digunakan siswa kurang sesuai
dengan percobaan yang dilakukan
2 = Jika bahan yang digunakan siswa kurang sesuai
dengan percobaan yang dilakukan
1 = Jika alat dan bahan yang digunakan siswa
kurang sesuai dengan percobaan yang dilakukan
2) Keterampilan menggunakan alat dan bahan
4 = Jika siswa terampil dalam menggunakan alat dan
bahan untuk percobaan
3 = Jika siswa cukup terampil dalam menggunakan
alat dan bahan untuk percobaan
2 = Jika siswa kurang terampil dalam menggunakan
alat dan bahan untuk percobaan
1 = Jika siswa tidak terampil dalam menggunakan
alat dan bahan untuk percobaan
3) Sistematika laporan
4 = Jika sistematika
laporan yang dibuat sudah benar dan bahasa
yang digunakan mudah dimengerti
3 = Jika sistematika
laporan sudah tersusun dengan benar tetapi bahasa yang digunakan kurang dimengerti
2 = Jika sistematika
laporan belum tersusun dengan benar tetapi bahasa yang digunakan mudah dimengerti
1 = Jika sistematika
laporan belum tersusun dengan benar dan bahasa
yang digunakan sulit dimengerti
4) Keberhasilan percobaan yang dilakukan
4 = Jika percobaan yang dilakukan siswa berhasil
3 = Jika percobaan yang dilakukan siswa cukup
berhasil
2 = Jika percobaan yang dilakukan siswa kurang
berhasil
1 = Jika percobaan yang dilakukan siswa tidak
berhasil
Nilai akhir = skor
x 100
16
Comments
Post a Comment