Merancang Model Penilaian Aspek Proses di Kelas 6 SD

Sebagai guru SD, tentu saja guru harus merancang penilaian aspek proses. Berikut contoh aspek penilaian proses yang telah saya rancang:

v  Menilai produk, aspeknya antara lain:
Ø  Laporan Hasil Percobaan
Ø  Hasil karya
Ø  Portofolio
Ø  Menata Pameran

Proses Penilaian Aspek Laporan Hasil Percobaan
1.      Tujuan penilaian adalah agar siswa mampu membuat percobaan yaitu bel listrik dengan baik
2.      Kompetensi yang diujikan:
Standar Kompetensi: 8. Memahami pentingnya penghematan listrik
Kompetensi Dasar:  8.2 membuat suatu karya/model yang menggunakan energi listrik (bel listrik/ alarm/model lampu lalu lintas/ kapal terbang/ mobil-mobilan/ model penerangan rumah)
3.      Aspek yang diukur (dinilai) antara lain:
1)      Kesesuaian memilih alat dan bahan
2)      Keterampilan menggunakan alat dan bahan
3)      Sistematika laporan
4)      Keberhasilan percobaan yang dilakukan

4.  A.  PENILAIAN LAPORAN HASIL PERCOBAAN (PEMBUATAN BEL LISTRIK)
        Aspek
   yang
          dinilai

Kelompok

Kesesuaian
memilih alat
dan bahan
Keterampilan
menggunakan
alat dan bahan
Sistematika laporan
Keberhasilan
percobaan yang
dilakukan
Skor
Nilai akhir
4
3
2
1
4
3
2
1
4
3
2
1
4
3
2
1



























5.   Pedoman/ kriteria penskoran:
      1)  Kesesuaian memilih alat dan bahan
4 = Jika alat dan bahan yang digunakan siswa sesuai dengan percobaan yang dilakukan
3 = Jika alat yang digunakan siswa kurang sesuai dengan percobaan yang dilakukan
2 = Jika bahan yang digunakan siswa kurang sesuai dengan percobaan yang dilakukan
  1 = Jika alat dan bahan yang digunakan siswa kurang sesuai dengan percobaan yang dilakukan 
2)      Keterampilan menggunakan alat dan bahan
4 = Jika siswa terampil dalam menggunakan alat dan bahan untuk percobaan
3 = Jika siswa cukup terampil dalam menggunakan alat dan bahan untuk percobaan
2 = Jika siswa kurang terampil dalam menggunakan alat dan bahan untuk percobaan
1 = Jika siswa tidak terampil dalam menggunakan alat dan bahan untuk percobaan
3)      Sistematika laporan
4 = Jika sistematika laporan yang dibuat sudah benar dan bahasa  yang digunakan mudah dimengerti
3 = Jika sistematika laporan sudah tersusun dengan benar tetapi bahasa  yang digunakan kurang dimengerti
2 = Jika sistematika laporan belum tersusun dengan benar tetapi bahasa  yang digunakan mudah dimengerti
1 = Jika sistematika laporan belum tersusun dengan benar dan bahasa  yang digunakan sulit dimengerti
4)      Keberhasilan percobaan yang dilakukan
4 = Jika percobaan yang dilakukan siswa berhasil
3 = Jika percobaan yang dilakukan siswa cukup berhasil
2 = Jika percobaan yang dilakukan siswa kurang berhasil
1 = Jika percobaan yang dilakukan siswa tidak berhasil

                                                                                
Nilai akhir =  skor    x 100
         16
  


Comments

Popular Posts