Merancang Model Penilaian Aspek Proses Kelas 6 (season 2)
Proses
Penilaian Aspek Hasil Karya
1. Tujuan penilaian adalah agar siswa mampu
menyusun laporan hasil percobaan dengan sistematika yang baik dan benar
2.
Kompetensi yang diujikan:
Standar Kompetensi:
8. Memahami pentingnya penghematan listrik
Kompetensi Dasar: 8.2 membuat suatu karya/model yang
menggunakan energi listrik (bel listrik/ alarm/model lampu lalu lintas/ kapal
terbang/ mobil-mobilan/ model penerangan rumah)
3. Aspek yang diukur (dinilai) antara lain:
a. Kreativitas bentuk bel listrik
b. Kesesuaian fungsi bel listrik dengan
kegunaannya
c. Kerjasama kelompok
4. B. PENILAIAN LAPORAN HASIL KARYA
Aspek
yang
dinilai
Kelompok
|
Kreativitas bentuk
bel listrik
|
Kesesuaian
fungsi bel
listrik dengan
kegunaannya
|
Kerja sama kelompok
|
Skor
|
Nilai akhir
|
|||||||||
4
|
3
|
2
|
1
|
4
|
3
|
2
|
1
|
4
|
3
|
2
|
1
|
|||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5. Pedoman/ kriteria penskoran:
1) Kreativitas
bentuk bel listrik
4 = Jika siswa dapat membuat
bel listrik dengan kreatif dan menarik
3 = Jika siswa dapat membuat bel listrik dengan
kreatif
2 = Jika siswa kurang kreatif dalam membuat bel
listrik
1 = Jika siswa tidak dapat membuat bel
listrik
2) Kesesuaian fungsi bel listrik dengan
kegunaannya
4 = Jika siswa membuat bel listrik sesuai dan
tepat dengan kegunaannya
3 = Jika siswa membuat bel listrik sesuai dengan
kegunaannya
2 = Jika siswa membuat bel listrik kurang sesuai
dengan kegunaannya
1 = Jika siswa membuat bel listrik tidak sesuai
dengan kegunaannya
3) Kerjasama kelompok
4 = Jika siswa
aktif bekerjasama dalam mengerjakan tugas tanpa diperintah guru
3 = Jika siswa
bekerjasama dalam mengerjakan tugas setelah diperintah guru
2 = Jika siswa
kurang bekerjasama dalam mengerjakan tugas
1 = Jika siswa
tidak mau bekerjasama dalam mengerjakan tugas
Nilai
akhir = skor x 100
12
Comments
Post a Comment