Masyarakat cerdas Vs Pemerintahan cerdas

Siapa yang tak kenal dengan negara Singapura, negara bersih, teratur. Tentu saja saya yang seorang guru ini ingin supaya negara Indonesia menjadi seperti bahkan melebihi negara tetangga Indonesia yang bersih dan teratur itu. Tentu saja yang dibutuhkan usaha-usaha dari warga Indonesia juga pemerintahannya. Lantas apa yang harus dilakukan kita sebagai warga atau bahkan pemegang tampuk kekuasaan untuk membuat Indonesia maju layaknya Singapura dan negara-negara kaya lainnya. Berikut tips-tips nya.


1.  Berawal dari niat baik.
Niatkan apa yang segalanya kita lakukan adalah untuk beribadah kepada Tuhan       sehingga kita bisa maksimal melaksanakan segal pekerjaan yang kita lakukan.
Misalkan:
-Seorang guru akan maksimal dalam mendidik muridnya tanpa mengharapkan pujian atau pemberian.
-Seorang dokter akan maksimal dalam menolong pasien tanpa mengharapkan imbalan dan pujian.
-Semua pekerja akan maksimal dan mensyukuri rejekinya karena mereka berniat mencari rejeki untuk shadaqah pada diri sendiri, keluarga dan orang lain, maka tidak ada lagi korupsi. Karena shadaqah akan berpahala jika didapat dari harta yang halal.

2. Mulai menata diri.
Mulai tatalah diri sendiri dalam bidang pekerjaan, karir yang digeluti. Sebisa mungkin supaya diri sendiri sukses dengan penghasilan dan pekerjaan yang baik, seimbang.
Kemudian tatalah tata ruang tempat tinggal, mulai perindah lingkungan anda, dan jika rumah anda atau lingkungan anda kumuh, maka berusahalah supaya lingkungan anda bangkit menjadi lingkungan bersih dan sehat atau anda bisa berupaya untuk pindah pada kkediaman anda yang baru, sehat dan bersih. Jika anda telah selesai menata diri sendiri, maka bantulah keluarga dan lingkungan untuk menjadi lebih baik, misalnya memberikan dana renovasi pembangunan tempat ibadah, panti asuhan dan lain sebagainya.

3. Jangan membandingkan anda dengan orang lain
Manusia itu unik, menarik. Tiap manusia memiliki keistimewaannya sendiri-sendiri. Maka janganlah anda membandingkan diri sendiri dengan orang lain, tetapi bandingkanlah anda masa lalu dengan hari ini dan masa mendatang. Karena anda hari ini dan masa mendatang harus jauh lebih baik daripada masa lalu.

4. Pemerintahan yang bijaksana
Jika masyarakatnya cerdas dan bisa menata dirinya sendiri, maka pemerintah hanya perlu mengerjakan sisanya dan mengurusi ruang-ruang publik seperti pemeliharaan taman, pembangunan jalan untuk pembentukan tata kota, menciptakan lapangan kerja yang manusiawi, mengurus hal-hal yang belum terurus untuk masyarakat dan lain-lain.

Dan semua masyarakat serta pemerintahannya harus bersyukur, karena dengan rasa syukur maka rakyat akan makmur.

Please like and comment
Silakan tuliskan tips-tips lainnya di kolom komentar :-)

Comments

Popular Posts