MEMBAHAS KEMBALI LEGEND AND RETURN OF CONDOR HEROES 1983

Tiada bosan-bosannya jika membahas tentang drama silat favorit anak jaman old yang begitu melegenda. Tentu saja, diproduksi tahun 1983 di negeri asalnya sana, drama silat ini ditayangkan baru 10 tahun kemudian di tanah air tercinta lewat televisi indosiar memang untuk anda. Ada sisi keunikan serial drama yang begitu kolosal ini yang akan saya bahas, yaitu ke-perfect-an casting yang nyaris sempurna jika saya bisa katakan. Serial Legend of condor heroes dan Return of condor heroes yang terkenal adalah tayang tahun 1983, yang ditayangkan secara berturut-turut, hanya berjeda beberapa bulan. Karena itu sepertinya semuanya sudah diperhitungkan termasuk pemeran tokoh yang terlibat. Berikut saya sajikan fakta unik tentang kesempurnaan casting yang mereka lakukan.

1. Huang Rong dan Guo jing
Tokoh center ini sejatinya selalu muncul di legend of condor heroes dan return of condor heroes. Saat di legend of condor heroes, kedua tokoh ini diceritakan sebagai tokoh muda yang energik berumur 18 tahun sedangkan di return of condor heroes diceritakan bahwa sosok mereka adalah sosok huang rong dan guo jing yang sudah separuh baya berumur 35 tahunan ke atas. Patut diacungi jempol, pemeran huang rong dan guo jing pada return of condor heroes merupakan sosok yang tetap bisa membawakan karakter huang rong dan guo jing di saat masih muda. Ini dia potretnya.
Di sisi kiri adalah Huang rong dan Guo jing yang berumur 35 tahunan, sedangkan di sisi kanan adalah huang rong guo jing yang masih berumur 18 tahun. Sang sutradara sangat tepat memilih Susanna dan bryan leung sebagai huang rong dan guo jing dewasa, selain face nya mirip, juga mereka apik dalam membawakan peran huang rong yang makin dewasa tetapi tetap cerdas dan guo jing dewasa yang masih terlalu memiliki sikap welas asih terhadap musuh sekalipun.

2. Yoko sebagai anak dari Yang Kang dan Mu Nianci
Dikisahkan pada serial Legend of condor heroes, Mu Nianci dan Yang Kang menikah. Yang Kang meninggal saat Mu Nianci mengandung Yoko. Dan Mu nianci meninggal 8 tahun setelahnya. Jadi di dalam serial Return of condor heroes tidak ada lagi sosok Mu Nianci dan Yangkang karena keduanya dikisahkan telah meninggal, hanya ada kisah Yoko yang merupakan anak dari keduanya sebagai yatim piatu. Dididik 8 tahun oleh ibunya, Yoko mewarisi sifat welas asih ibunya tetapi juga tetap mewarisi kecerdasan dan kelicikan dari ayahnya yang sudah meninggal sejak Yoko di dalam kandungan. Berikut potret orang tua Yoko dan Yoko.
Menurut saya produser sudah sangat bagus memilih Andi Lau sebagai pemeran Yoko, dahi dan matanya mirip dengan dahi dan mata ayahnya, sedangkan bagian hidung ke bawah mirip dengan ibunya.

Drama tahun 80an produksi mainland memang tidak main-main. Dari segi kostum, dandanan dan pemain dibuat se real mungkin walau masih sederhana.

Comments

Popular Posts